Saturday 5 October 2013

rahasia kesuksesan orang Cina dalam berbisnis




Sudah bukan rahasia umum lagi kalau banyak yang berkata bahwa orang Cina handal dalam hal berbisnis atau berdagang. Berdagang bagi orang Cina adalah hal yang tak terpisahkan dengan diri mereka sendiri. Berdagang adalah bekerja untuk diri sendiri. Bekerja untuk diri sendiri jauh lebih baik dibanding bekerja untuk orang lain. Melalui berdagang mereka menunjukan bahwa kemandirian selalu tertanam dalam diri mereka.

Berdasarkan sejarah, bangsa Cina mulai masuk ke Indonesia pada abad ke-7 dan mereka disebut dengan Cina perantauan. Jika melihat lingkungan sekeliling, kebanyakan orang perantauan Cina adalah mereka yang mapan dalam hal finansial. Bahkan di dunia global saat ini Cina sedang berupaya menjadi negara adidaya secara ekonomi menyaingi Amerika, Inggris, Jepang, dan Prancis. Berikut ini AvivaIndonesia akan mengupas beberapa kunci keberhasilan berdagang orang Cina.

Etos kerja tinggi dan bertekad kuat untuk maju. Keberhasilan dalam berdagang tentu saja berawal dari kerja keras, keberanian dan kesungguhan. Prinsip tersebut dipegang teguh orang Cina, mereka juga berpendapat bahwa dengan bekerja mereka dapat membuktikan kepada dunia tentang keberadaan mereka. Pantang bagi orang Cina untuk bermalas-malasan karenanya waktu dan kesempatan adalah hal berharga bagi mereka. Kim Woo Chung, konglomerat asal Korea Selatan mengatakan bahwa untuk dapat menyaingi Amerika mereka harus berusaha lebih rajin dan giat melebihi kinerja orang Amerika.
Orang Cina memiliki kepercayaan diri yang tinggi untuk maju, karena itu mereka selalu siap dengan segala resiko yang mungkin mereka hadapi. Sekalipun harus mengalami kegagalan, mereka tidak patah semangat. Mereka senantiasa mengambil hikmah dari kelemahan dan kegagalan untuk menjadi kekuatan mereka. Mereka meyakini bahwa roda akan terus berputar dan itulah yang menjadi prinsip hidup mereka. Hari ini mereka bisa saja di bawah, tapi ada satu ketika mereka akan berada di atas. Tentu saja hal tersebut dapat tercapai jika mau untuk berusaha sekuat tenaga. Mereka pun tak lantas puas setelah memperoleh keberhasilan karena mereka sadar bahwa jalan ke depan masih sangat panjang.

Berdagang adalah hobi. Kesuksesan akan dapat diraih apabila kita menganggap pekerjaan tersebut sebagai hobi. Dengan demikian, dalam pengerjaannya senantiasa kita lakukan dengan senang dan sepenuh hati hingga hasilnya pun maksimal. Orang Cina berpendapat bahwa berdagang adalah hobi dan bukan sekedar mengisi waktu luang. Orang Cina kebanyakan bekerja tujuh hari dalam seminggu tanpa libur kecuali hari libur keagamaan. Hobi berdagang inilah yang membuat orang Cina dikenal dapat mensejahterakan tujuh turunannya.

Fleksibel. Orang Cina tak takut menjadi perantau karena itu banyak orang keturunan Cina yang tersebar di berbagai Negara. Bangsa Cina bersifat fleksibel dan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan keadaannya. Mereka dapat tinggal dan mengembangkan bisnis di mana pun mereka berada termasuk di daerah yang tidak produktif. Hal ini adalah salah satu kelebihan besar orang Cina.


Jujur, adil dan ramah kepada pelanggan. Misalnya saja ketika di pasar, pedagang Cina dikenal dengan jujur, adil dan ramah dibanding pedagang lokal. Mengapa demikian? Karena dengan kejujuran orang lain akan mau bekerja sama dan mempercayai kita. Dengan begitu, pintu kesuksesan pun dapat terbuka lebar. Orang Cina juga pantang mengeluh di hadapan pelanggan karena hanya akan menunjukan sifat negatif. Persaingan secara positif dalam berdagang sangat dijunjung tinggi para pedagang Cina. Mereka anti menjelek-jelekan orang lain karena tindakan tersebut dinilai menyalahi aturan dalam berdagang. Mereka pun sangat menghargai pelanggan dengan menganggap pelanggan setia adalah raja. Bagi mereka, sedikit rugi tidak masalah karena untung akan dapat dicari lagi tapi pelanggan setia sangat sulit untuk dicari.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Pengumumam Seleksi Administrasi CPNS 2017 (Update 6 September 2017)

Hasil seleksi administrasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)  dan Mahkamah A...